10 Dewa Dewi Mesir Kuno Yang Sangat Terkenal

Ra
  1. Ra

Dari seluruh dewa yang disembah oleh orang Mesir, Ra ialah dewa sangat besar serta berarti di antara dewa- dewa Mesir kuno. Ra dipuja oleh orang Mesir terdahulu bagaikan dewa matahari. Bagi cerita yang tumbuh di Mesir, diceritakan kalau salah satu dewa bernama Nut senantiasa berupaya buat menelan Ra tiap malam. Tetapi berulang kali pula Ra sukses bangkit kembali.

Ra dipercaya senantiasa lahir kembali tiap pagi serta wafat di dikala senja. Kala dia wafat inilah Ra dikatakan melaksanakan kunjungan ke dunia akhirat. Kerap disimbolkan bagaikan laki- laki dengan kepala elang, Dia senantiasa dihubungkan dengan piramid serta jadi tanda- tanda kebangkitan pharaoh, membuat dirinya jadi wujud dewa yang sangat diketahui dunia.

Baca Juga :  Wabah Menari (Dancing Plague) : Wabah Aneh Yang Membuat Ratusan Orang Menari Hingga Mati
Amun

2.Amun

Ditafsirkan bagaikan dewa kuno yang sangat kokoh di antara seluruh dewa Mesir populer yang lain. Oleh sebab seperti itu dia dijuluki bagaikan rajanya para dewa. Walaupun telah populer bagaikan dewa sangat kokoh, pendek cerita dirinya setelah itu bergabung dengan dewa matahari Ra. Akibat dari penggabungan tersebut, saat ini Amun lebih diketahui dengan nama Amun- Ra.

Demi menghormati kebesaran Amun, orang- orang Mesir Kuno setelah itu membangun suatu kuil besar di Thebes. Kuil ini terbuat secara istimewa bagaikan wujud penghormatan atas Amun.

Osiris

3. Osiris

Tidak sedikit dari Kamu bisa jadi telah sempat mendengar nama dewa Mesir populer satu ini, ialah Osiris. Osiris ialah dewa penguasa Mesir yang sangat kokoh serta ialah salah satu dewa Mesir yang sangat banyak disembah. Dirinya mempunyai 3 kekokohan yang luar biasa ialah kebangkitan, kesuburan, serta kematian. Dialah dewa yang jadi bapak Horus.

Baca Juga :  Wabah Menari (Dancing Plague) : Wabah Aneh Yang Membuat Ratusan Orang Menari Hingga Mati

Kala Osiris wafat dibunuh oleh Seth, dia meninggalkan kebijakan serta pengetahuan kepada anaknya, Horus. Membuat Horus sukses mengalahkan Seth serta jadi raja Mesir. Semenjak dikala seperti itu Osiris kerap ditafsirkan bagaikan raja dari para orang- orang yang telah wafat serta hakim di alam baka. Penduduk Mesir Kuno yang menyembah Osiris, memperingati perihal tersebut bagaikan ciri kemenangan dari hal- hal yang jahat tercantum di dalamnya merupakan kematian.

Anubis

4. Anubis

Dalam keyakinan orang Mesir, bagaikan wujud dewa Mesir Kuno yang populer sesungguhnya Anubis merupakan pula simbol dari proses pengawetan mayat yang diucap dengan mumi. Pada dikala proses pengawetan mayat tersebut, para pendeta diwajibkan buat memakai topeng Anubis.

Baca Juga :  Wabah Menari (Dancing Plague) : Wabah Aneh Yang Membuat Ratusan Orang Menari Hingga Mati

Ditafsirkan bagaikan dewa dengan kepala serigala, Anubis ialah dewa yang bertanggung jawab membawakan roh- roh ke alam baka. Di dalam alam baka tersebut, Anubis hendak jadi dewa yang memastikan kemana roh hendak berangkat dengan menimbang jantung mereka. Anubis pula ialah simbol dari kebangkitan.

Horus

5. Horus

Horus ialah anak dari Osiris serta pula Isis. Orang- Orang Mesir Kuno mempunyai keyakinan kalau tiap pharaoh di Mesir merupaka titisan dari horus. bagi legenda Mesir, sehabis bapaknya, Osiris, dibunuh oleh Seth, Horus setelah itu membalas dendam dengan menewaskan pamannya, Seth membuat dirinya semenjak dikala itu langsung jadi raja baru di Mesir.

Orang- Orang Mesir yakin kalau Horus ialah dewa penguasa langit serta sinar. Horus ditafsirkan bagaikan seseorang laki- laki dengan kepala burung elang serta menggunakan mahkota bercorak putih serta merah.

Baca Juga :  Wabah Menari (Dancing Plague) : Wabah Aneh Yang Membuat Ratusan Orang Menari Hingga Mati
Isis

6 .Isis

Isis ialah dewi sekalian istri dari Osiris. Nama Isis terus menjadi populer sebab dirinya dikira bagaikan bunda dari Horus. Sebab seluruh Pharaoh dikira bagaikan titisan Horus, hingga kedudukan Dewi Isis dikira terus menjadi meningkat berarti.

Di Mesir Kuno, Isis dikira serta disembah bagaikan dewi kesuburan. Kala Osiris dibunuh oleh Seth, sebagian bagian badan Osiris dikumpulkan oleh Isis serta dia membungkus bagian- bagian tersebut dengan memakai kain perban. Perihal tersebutlah yang dikala ini lebih banyak diketahui bagaikan metode mumi.

Seth

7. Seth

Seth ataupun biasa pula diucap dengan Set merupakan seseorang dewa penguasa gurun serta badai. Dirinya setelah itu berasosiasi dengan kekacauan serta pula kegelapan membuat dirinya ditafsirkan bagaikan kejahatan. Seth sebelumnya ialah salah satu dewa berarti yang tercantum dalam legenda Osiris serta Isis. Tetapi bagaikan akibat dari popularitas Osiris serta perlambangan Seth, kesimpulannya Seth bergeser jadi setan serta sketsanya dihapus dari kuil.

Baca Juga :  Wabah Menari (Dancing Plague) : Wabah Aneh Yang Membuat Ratusan Orang Menari Hingga Mati

Orang- orang Mesir menggambarkan Seth dengan lambang babi, buaya, kalajengking, serta kuda nil. Meskpin foto dirinya sudah dihapus dari kuil, tetapi dirinya masih disembah oleh sebagian orang.

Thoth

8. Thoth

Pengetahuan merupakan segalanya di bumi ini. Thoth, salah satu dewa yang disembah sebab ialah dewa yang dipercaya merupakan sumber dari seluruh pengetahuan. Pada era dahulu, orang- orang Mesir yakin kalau dewa Thoth- lah yang membagikan berkat kepada orang Mesir sehingga dapat menulis tulisan hieroglyphic, ialah tulisan yang populer bagaikan tulisan bergambar dari Mesir.

Bagaikan dewa yang berdiri di antara sisi baik serta jahat, Thoth sangat memahami hukum yang berkaitan dengan ilmu fisika. Bersama dengan partnernya Maat, mereka berdua melindungi penyeimbang alam semesta memakai pengetahuan mereka.

Baca Juga :  Wabah Menari (Dancing Plague) : Wabah Aneh Yang Membuat Ratusan Orang Menari Hingga Mati
Mut

9. Mut

alam bahasa Mesir, Mut mempunyai makna bunda. Oleh sebab seperti itu dewi ini lumayan banyak dipuja oleh orang Mesir. Dewi ini mengenakan 2 buah mahkota di kepalanya yang melambangkan bagian atas serta dasar dari Mesir. Mut sendiri ialah istri dari Amon serta bunda dari Khons.

Bagaikan kepala dari dewa- dewa Theban, Mut ditafsirkan bagaikan seseorang perempuan yang memakai mahkota bercorak putih serta merah. Terkadang Mut pula ditafsirkan dengan kepala ataupun badan dari burung bangkai serta sapi. Sebagian periode terakhir ini Mut kerap disatukan dengan dewi Hathor, ialah dewi yang pula melambangkan cinta bunda, cinta feminim, serta kebahagiaan.

Bastet

10. Bastet

Baca Juga :  Wabah Menari (Dancing Plague) : Wabah Aneh Yang Membuat Ratusan Orang Menari Hingga Mati

Dipercaya merupakan wujud dewi ternama yang berupa kucing ataupun wanita dengan kepala kucing. Dewa yang kerap disembah oleh orang Mesir ini ialah anak dari Ra si dewa matahari. Baik dipercaya bagaikan dewa maupun dewi, Bastet ini ialah dewi yang mempunyai watak licik.

Biarpun dia ditafsirkan bagaikan dewi yang licik, tetapi banyak orang Mesir yang menyembahnya disebabkan watak Bastet yang keibuan serta pula bagaikan pelindung alam. Bastet ini mempunyai ikatan yang dekat dengan kucing dalam negeri. Oleh sebab itu, Bastet acapkali dilukis dikelilingi oleh kucing.