Cara Mengatasi Kram Kaki Saat Mendaki

Diposting pada

Kram otot, baik yang terjadi pada daerah kaki ataupun daerah yang lain, ialah kontraksi ataupun menegangnya otot dengan kokoh serta secara seketika. Kram saat mendaki sangat mempersulit perjalanan. Kram dapat berlangsung sepanjang sebagian detik sampai sebagian menit, serta seluruh terjadi pada kaki. Kram kaki saat mendaki kerap kali menimpa otot betis, serta umumnya terjadi kala Kamu belum melakukan pemanasan terlebih dahuu sebelum mendaki.

Bermacam – macam Pemicu Kaki Kram

Berikut merupakan bermacam – macam pemicu serta aspek resiko kaki kram:

Tekanan terhadap saraf

Tekanan pada saraf tulang balik dapat membuat kaki kram serta terasa perih, yang dapat memburuk kian lama Kamu berjalan. Berjalan dengan posisi sedikit membungkuk ke depan umumnya bisa meringankan perih.

Baca Juga :  Makalah Sejarah Indonesia tentang Kerajaan Mataram Islam

Suplai darah yang tidak memadai

Penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke kaki Kamu bisa memunculkan perih, misalnya kram di kaki dikala Kamu lagi olahraga. Kram ini umumnya lenyap dengan kilat sehabis Kamu istirahat.

Cedera

Hadapi luka ataupun memakai otot secara kelewatan pula dapat menimbulkan kram kaki. Sangat lama duduk, berdiri sangat lama di atas permukaan yang keras, ataupun meletakkan kaki pada posisi yang tidak aman sepanjang tidur pula bisa membuat otot kaki mengencang ataupun kram. Kurang pemanasan saat sebelum olahraga pula kerap menimbulkan kaki kram.

Kekurangan mineral

Kekurangan mineral, semacam kalium, kalsium, serta magnesium, bisa menimbulkan kaki kram.

Dehidrasi

Kehilangan cairan tubuh, ialah keadaan di mana badan kekurangan cairan, pula dapat merangsang kram kaki. Kehilangan cairan tubuh berat bisa menimbulkan kendala elektrolit yang setelah itu menimbulkan kaki kram.

Baca Juga :  Pendakian Gunung Slamet via Bambangan (Jalur yang Paling Banyak Di Lalui Pendaki)

Dampak samping dari obat- obatan

Obat- obatan semacam kapsul kontrasepsi, obat antipsikotik, diuretik, statin, obat asma, serta kortikosteroid pula dapat tingkatkan resiko hadapi kram.

Infeksi

Peradangan, misalnya tetanus, dapat menimbulkan kaku otot serta kram.

Penyakit hati

Penyakit yang mengaitkan organ hati dapat menimbulkan kram pada kaki. Kala organ hati tidak dapat bekerja dengan baik, toksin di dalam darah hendak bertambah serta dapat membuat otot kram.

Kondisi medis lainnya

Penyakit ginjal, penyakit tiroid, diabet, ataupun permasalahan aliran darah( penyakit arteri perifer) pula berisiko tingkatkan terbentuknya kram.

Metode menanggulangi kram kaki dengan alami

Dikala kaki kram, lekas jalani metode menanggulangi kram kaki berikut ini.

Baca Juga :  Yang Harus Dilakukan Saat Tersesat Di Gunung

Peregangan( stretching)

Lekas hentikan seluruh kegiatan yang membuat kaki Kamu kram. Jalani stretching ataupun peregangan ringan buat menolong meredakan sensasi kram di kaki.

Luruskan kaki serta tarik jari- jari kaki ke arah lutut buat meregangkan otot betis. Kamu pula dapat berjalan jinjit ataupun memijat otot- otot kaki sehabis berakhir melaksanakan peregangan serta kram mereda.

Kompres hangat

Dilansir dari Heathline, temperatur panas bisa menolong meredakan kaki kram. Kamu dapat memakainya dengan merendam kaki ke air hangat, mengompres handuk yang dicelupkan ke air hangat, ataupun melekatkan bantal pemanas ke bagian kaki yang kram.

Atur temperatur panas serta tingkatkan secara lama- lama bila kaki masih terasa kram. Lambat- laun, sensasi kram pada kaki Kamu hendak menurun.

Baca Juga :  Gunung – Gunung yang Berada di Gorontalo

Banyak minum air putih

Begitu kram kaki melanda, lekas memperbanyak minum air putih. Keadaan kehilangan cairan tubuh bisa membuat otot- otot kaki kekurangan oksigen sehingga merangsang kram.

Metode ini memanglah tidak langsung membuat kaki kram Kamu mereda. Tetapi, ini paling tidak bisa menolong kurangi perih serta membuat Kamu lebih aman.

Menggunakan Tisu Magic


Ada yang tau tisu magic? Kamu bisa menggunakan tisu ini untuk meredakan kram kamu mereda. Tisu ini berguna untuk menahan rasa sakit sementara. Intinya membuat kaki anda mati rasa, dan jangan digunakan buat yang enggak – enggak ya gan wkwk.

Mengkonsumsi santapan sumber magnesium

Dikala Kamu hadapi kram kaki, dapat jadi Kamu kekurangan konsumsi elektrolit berbentuk magnesium. Santapan sumber magnesium semacam kacang- kacangan serta biji- bijian bisa menolong melindungi kekokohan serta kelenturan otot Kamu.

Baca Juga :  Cara Mengelola Sampah Saat Mendaki Gunung

Apabila diiringi dengan banyak minum air putih ataupun minuman elektrolit yang lain, badan hendak lebih kilat memproses magnesium tadi. Walhasil, kram kaki kilat lenyap serta Kamu dapat kembali mendaki.

Berjalan kaki

Dikala kaki terasa kram, Kamu bisa jadi langsung memilah buat meluruskan kaki serta rehat. Kenapa tidak Kamu coba buat berjalan kaki. Berjalan kaki nyatanya bisa menolong meringankan kram kaki, lho. Dengan berjalan, badan malah hendak mengirimkan sinyal ke otot- otot kaki yang tegang biar rileks sejenak. Lumayan berjalan kaki pelan- pelan hingga nyerinya menurun.

Mungkin segitu saja info yang dapat saya berikan. terima kasih sudah berkunjung ke blog saya

One thought on “Cara Mengatasi Kram Kaki Saat Mendaki

  1. Wah kebetulan nih, pas sy prtama x mendaki gunung gak ada persiapan sama sekali, maklum pendaki gunung abal-abal, gak ngerti juga, kaki saya sempet kram pas turun dr gunung lebih tepatnya jari kaki, untung si mas pemandunya baik hati ngurutin dan ngeregangin ato apalah kaki saya, dn alhamdullilah kaki sy normal lagi,,,emg hrs bnyk mnm air putih dan peregangan dulu ya sblm melakukan aktifitas fisik, apalg mendaki gunung.thx infonya buat saya yg awam jd lbh berhati “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *