Sampah di gunung merupakan pemandangan yang menyebalkan bukan. Banyak sudah diantara kita yang tanpa putus asa berjuang dengan caranya untuk memerangi sampah dalam pendakian. Mulai dari opsih, kampanye di dumay ataupun menggunakan berbagai media lainnya yang memungkinkan untuk dilakukan.

Buat teman teman saya ada sedikit tips nih.
Daripada ribut-ribut, saling tuding, mending kita saling Introspeksi aja yah.

  1. Siapkan kantong plastik ukuran kecil & sedang kurang lebih nya sekitar 10-20 buah kantong plastik/orang. ( 1 pack )
  2. Masukan sampah plastik, sisa permen, puntung rokok, atau sisa bungkus cemilan kedalamnya. “Cerdas dikit ya sobat,” jika bungkusan plastik kering tidak berminyak, lipat menjadi kecil, panaskan antar lipatan dengan korek api agar tetap terlipat. Masukan, aman dan tidak memakan tempat.
  3. Pilah sampah berdasarkan jenis, organik dan non organik, masukan sampah non organik kedalam kantung kresek berdasarkan jenisnya. ( sampah plastik kering, sampah plastik lengket & berminyak serta sampah kaleng & botol mineral )
  4. Jangan fokuskan sampah non organik kepada satu orang pembawa sampah..”Wong yang menghasilkan sampah rame-rame kok yang cape satu orang mikul-mikul sampah..he he he..Kasian amat. Sampah dititipin, giliran coklat diumpetin..he he he..” Intinya !! Jangan mengandalkan orang lain untuk sampah yang anda hasilkan.
  5. Leader team harus cerewet masalah sampah, “cerewetnya yang bermutu yah, jangan pakai urat.” Arahkan dengan bijak peserta anda agar bertanggung jawab terhadap sampahnya..
  6. Kubur sampah non organik, sisa tissue, sisa makanan, dan kotoran anda..”Jangan mentang mentang tissue bekas ngelap kotoran, anda jijik..jiahh apalagi orang lain..he he he.” Makanya setiap mau pub..Tolong gali lubang biar mudah buang tissue dan menutup bekasnya..”Aman kan, tidak bau, tidak jijik dan tidak keinjak orang..he he he..Bahaya tuh jika sampai terinjak, sakit sih enggak cuma bikin esmossi..he he he. Terus jangan pub di sumber air atau disekitar sumber air yah..”Hmmm enak sih deket air cuma bakal gak enak banget dampaknya…haduh.”
  7. Untuk para bidadari pecinta ketinggian jika anda sedang menstruasi sebaiknya sisa pembalutnya juga dibawa yah. Jangan biarkan bagian tersebut merana karena anda tinggalkan begitu saja. Bungkus yang rapat yang kuat dengan dua atau tiga kantong kresek. Dijamin aman tahan bocor dan tetap kering seharian..”he he he..kaya iklan aja..”
  8. Untuk sampah plastik berminyak dan lengket, seperti sisa margarine, susu, sarden, kornet, kecap, saus dll usahakan dilipat rapi agar dampak sisanya tidak berceceran kembali, bungkus kantong kresek, ikat mati.
  9. Sampah plastik sisa botol minuman mineral & makanan kaleng sebelum dibawa sebaiknya di gepengkan dulu agar tidak banyak memakan tempat. “Kalo botol beling jangan digepengin yah anda blum cukup sakti untuk melakukannya.”
  10. Jangan biarkan sampah menumpuk baru dipikirkan untuk dibawa. Nah disinilah fungsi anda. Hai para leader pendakian dan para pemimpin rombongan. Arahkan peserta anda untuk mengatur sampahnya sejak dari awal, sejak tiba di lokasi pendakian, lokasi basecamp. Arahkan dengan bijak peserta anda untuk mengumpulkan sampahnya sendiri-sendiri, sampah plastik sisa memasak segera dipilah dan dirapihkan lalu bungkus didalam kantong kresek yang anda bagikan kepada peserta pendakian. “Katakan..”Ini sampah kita !! Dan ini adalah tanggung jawab kita semua.”
  11. Jika ingin dibakar. Ingat!! Perhatikan kondisi sekitar anda, buat lubang dan jangan ditingalkan selama proses pembakaran, jika sudah padam, pastikan dengan mengeceknya sekali lagi lalu tutup rapat dengan tanah.( Cara ini hanya mengurangi kuantitas sampah tetapi tidak dengan pencemaran kualitas tanah )
  12. Bingung cara bawanya? Gantungkan di pinggir carrier atau siapkan space kosong pada carrier anda. Jika bawa bungkusnya pada saat terisi penuh anda sanggup mengapa disaat kosong anda malas. “he he he. Yaqin sampah yg anda bawa pasti tidak seberat disaat itu belum menjadi sampah dan tidak akan memakan banyak tempat di cariier anda.”
Baca Juga :  Cara Mengatasi Kram Kaki Saat Mendaki

Sekali lagi yah !!!!! Jangan Andalkan Orang Lain Untuk Sampah yang Kita Hasilkan. ( Tanggung Jawab Itu Indah ) Semoga tips ini berguna..

Wassalamualaikum..

Sumber Facebook : Cerita Pendakian