Provinsi Riau adalah salah satu provinsi terkaya di Indonesia sebab hasil buminya yang melimpah, lebih-lebih minyak bumi, gas alam, karet, kelapa sawit dan perkebunan serat. Kawasan provinsi Riau juga betul-betul strategis adalah berdekatan dengan Singapura dan Malaysia. Kecuali itu, kawasan Riau meliputi sebagian pulau-pulau kecil.

daftar gunung komplit PETA RIAU-min

Daftar gunung di Riau,

Nama Gunung Tinggi (mdpl) Letak Gunung
Bukit Jadi 1200 Kampar
Pegunungan Tigapuluh 400 Indragiri Hulu
Bukit Sangkarpuyuh 500 Kuantan Singingi
Cengeembun 500 Indragiri Hulu
Bukit Merenbung 500 Kuantan Singingi
Pematang Jering Rokan Hulu
Kelampaian Rokan Hulu
Bukit Ubar Rokan Hulu
Bukit Juraganan Rokan Hulu
Bukit Kalan Rokan Hulu
Bukit Seligi Rokan Hulu
Bukit Sigandung Rokan Hulu
Sempurna 12

Baca Juga :  Gunung - Gunung yang Berada di Papua

Provinsi Riau kecuali mempunyai kekayaan alam yang melimpah tapi tak diperlakukan secara bagus karenanya akan berimbas buruk. Umpamanya kasus kabut asap yang bersifat massive. Kabut asap yang terjadi pengaruh kebakaran lahan yang betul-betul luas menjadi problem pelik yang sepatutnya dihadapi oleh Riau. Kecuali itu permasalahan penggundulan hutan juga adalah permasalahan yang sepatutnya menjadi perhatian utama. Sebab jikalau permasalahan utama Riau hal yang demikian tak selesai dengan kencang ,karenanya dapat dipastikan Riau yang subur dan kaya akan potensi alam berangsur-cicil akan punah layaknya binatang langka.

Sejarah panjang terbentuknya Riau adalah berasal dari sebuah kesultanan Siak. Mayoritas penduduk Riau merupakan suku Melayu, dan beberapa besar beragama Islam. Riau terbagi menjadi 10 kabupaten dan 2 kotamadya. Kota Pekanbaru merupakan ibukota provinsi Riau sekalian menjadi kota terpadat di Riau.

Baca Juga :  Pendakian Gunung Slamet via Bambangan (Jalur yang Paling Banyak Di Lalui Pendaki)

peta kabupaten di riau-min

1 Kabupaten Bengkalis
2 Kabupaten Indragiri Hilir
3 Kabupaten Indragiri Hulu
4 Kabupaten Kampar
5 Kabupaten Kepulauan Meranti
6 Kabupaten Kuantan Singingi
7 Kabupaten Pelalawan
8 Kabupaten Rokan Hilir
9 Kabupaten Rokan Hulu
10 Kabupaten Siak
11 Kota Dumai
12 Kota Pekanbaru

BENGKALIS
Beengkalis berlokasi di sisi timur Riau, dan mencakup sebagian pulau di sekitarnya. Bengkalis beribukota di Kota Bengkalis. Tempat kabupaten Bengkalis berdekatan dengan Malaysia. Potensi liburan terbesar merupakan di kawasan pantai. Tak tercatat ada gunung di kawasan ini.
laman: bengkaliskab.go.id

INDRAGIRI HILIR
Indragiri hilir mempunyai kawasan yang cukup luas dan berbatasan seketika dengan Sumatera selatan. Kabupaten ini beribukota di Tembilahan. TIdak tercatat ada gunung di tempat ini. Tapi potensi alam berupa pertanian, perkebunan dan pretambangan mrelimpah ruah di Indragiri hilir ini.

Baca Juga :  Barang Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

jembatan rumbai indragiri hilir-min
laman: inhilkab.go.id

INDRAGIRI HULU
Ibukotanya berlokasi di kota Rengat. Kawasan ini ditasbihkan sebagai kawasan terbersih di Riau dan penduduknya tenar ramah. Potensi alam di kawasan ini juga sama dengan kebanyakan tempat lain di Riau adalah berupa hasil bumi dan tambang. Tak tercatat ada gunung di tempat ini, tapi sebagian merupakan perbukitan dengan ketinggian di bawah 1000 mdpl.
Pegunungan Tigapuluh
Bukit Sangkarpuyuh
Cengeembun

bukit selancang indragiri hulu-min
laman: inhukab.go.id

KAMPAR
Kampar yang beribukota di Bangkinang mempunyai julukan Serambi Mekkah-nya Riau, dan julukan Bumi Sarimadu. Kampar mempunyai dua sungai yang besar dari hulu ke hilir adalah Sungai Kampar dan Sungai Siak. Bidang pertanian, perkebunan dan tambang juga menjadi komoditas di tempat Kampar ini. Tak ada gunung tapi ada satu bukit yang cukup tinggi adalah Bukit Jadi.

Baca Juga :  Pendakian Gunung Kembang via Blembem

ulu kasok kampar

jalan lintas ulu kasok kampar riau-min

islamic center bangkinang kampar riau-min

air terjun di kampar-min
Bukit Jadi
laman: kamparkab.go.id

KEPULAUAN MERANTI
Ibukota Meranti ada di Selatpanjang. Nama Meranti merupakan gabungan kependekan dari “Pulau Merbau, Pulau Ransang dan Pulau Tebingtinggi. Daftar pulau dalam gugusan kepulauan Meranti merupakan: Pulau Padang, Pulau Tebing Tinggi, Pulau Ransang, Pulau Merbau, Pulau Topang, Pulau Mentas, Pulau Panjang, Pulau Jadi, Pulau Setahun, Pulau Tiga, Pulau Dedap, Pulau Baru, Pulau Paning, Pulau Berembang, Pulau Burung. Beberapa besar penduduknya merupakan suku Melayu dan Tionghoa. Karen adalah kepulauan, karenanya potensi liburan air dan perikanan betul-betul dioptimalkan. Kecuali itu adanya hutan mangrove juga menjadi kekuatan tarik alam tersendiri bagi kawasan ini.

Baca Juga :  Cara Mengelola Sampah Saat Mendaki Gunung

meranti
laman: merantikab.go.id

KUANTAN SINGINGI
Kawasan ini berbatasan seketika dengan Sumatera Barat. Beberapa besar penduduknya merupakan suku Minangkabau. Terdapat dua sungai besar adalah Sungai Kuantan dan Sungai Singingi. Tradisi dan liburan yang terkait dengan air sungai menjadi kekuatan tarik yang kuat bagi tempat ini.

teluk Kuantan Singingi
Bukit Merenbung
laman: kuansing.go.id

PELALAWAN
Pelalawan beribukota di Pangkalan Kerinci. Kawasan Pelalawan termasuk paling luas di Riau. Di tempat ini terdapat Taman Nasional Tesso Nilo yang adalah kawasan bekas sebuah perusahaan. Di Taman Nasional inilah terdapat banyak sekali ragam flora fauna yang dilindungi.

istana sayap pelalawan-min

danau tajwid pelalawan2-min
laman: pelalawankab.go.id

ROKAN HILIR
Kota terbesar, bersejarah, dan pernah diketahui sebagai penghasil ikan terbesar di Indonesia. Rokan Hilir berbatasan seketika dengan Sumatera Utara. Areanya juga adalah salah satu yang terluar di Riau.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Air Dalam Situasi Mendesak Saat Mendaki

ritual bakar tongkang tionghoa dari rokan hilir
laman: rohilkab.go.id

ROKAN HULU
Rokan Hulu dijuluki dengan Negeri Seribu Suluk. Ibu kota Rokan Hulu merupakan Pasir Pengaraian. Kawasan Rokan Hulu berbatasan seketika dengan Sumut dan Sumbar. Tak ada gunung di kawasan ini, cuma sebagian perbukitan saja.
Pematang Jering
Pegunungan Kelampaian
Bukit Ubar
Bukit Juraganan
Bukit Kalan
Bukit Seligi
Bukit Sigandung

bukit suligi rokan hulu-min
laman: rokanhulukab.go.id

SIAK
Kabupaten Siak merupakan salah satu tempat yang bersejarahkan sebuah kesultanan besar di zaman dulu. Ibukotanya berada di Kota Siak Sri Inderapura. Tempat Siak berada di tengah-tengah provinsi Riau sehingga tak mempunyai pantai. Terdapat sungai yang besar adalah sungai Siak.

Baca Juga :  Makalah Sejarah Indonesia tentang Kerajaan Mataram Islam

alun alun dumai siak-min
laman: siakkab.go.id

DUMAI
Dumai merupakan kota dengan kawasan administrasi terluas ketiga di Indonesia, sesudah Kota Palangka Raya dan Kota Tidore Kepulauan. Kota ini bermula dari sebuah dusun kecil di pesisir timur Provinsi Riau.
laman: dumaikota.go.id

PEKANBARU
Pekanbaru adalah ibukota provinsi Riau. Kota ini berasal masukan dari sebuah pasar atau ‘minggu’ dan kemudian berubah menjadi sebuah kota padat yang tinggi urbanisasi dan migrasinya. Sama seperti ibukota provinsi lainnya, Pekanbaru juga mempunyai peranan vital dalam administratif provinsi dan sekalian ikonik Riau.

kota pekanbaru infopendaki-min
laman: pekanbaru.go.id

INFORMASI TENTANG RIAU
Hari jadi: 9 Agustus 1957
Sentra Kota/airport : Kota Pekanbaru
Luas kawasan : 88.672,67 km2
Sempurna penduduk: 6,188,442
Suku bangsa autentik: Melayu 33.20%, Jawa 29.20%, Batak 12.55%, Minangkabau 12.29%, Banjar 4.13%, Bugis 1.94%, Tionghoa 1.85%, Sunda 1.41%, Nias 1.29%,
Bahasa: Indonesia, Melayu, Jawa, Batak, Minangkabau
Nyanyian tradisional:
Senjata tradisional:
laman: riau.go.id