Halo teman-teman kali ini saya akan memberikan informasi tentang jalur pendakian gunung Slamet via bambangan. Penasarankan seperti apa? Baca artikel ini sampai selesai

Gunung Slamet berada di 5 kabupaten yaitu kabupaten Tegal, Banyumas Brebes Pemalang dan kabupaten Purbalingga Jawa tengah. Gunung Slamet ini merupakan gunung berapi aktif yang sering beraktivitas setiap harinya.namun banyak masyarakat yang masih melakukan pendakianan pada gunung karena gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa tengah

Gunung Slamet memiliki ketinggian 3428 mdpl. Yang paling banyak dilewati di gunung Slamet adalah jalur pendakian via bambangan jalurnya relatif lebih pendek dari jalur lainnya.

jika anda berasal dari Jakarta usahakan menggunakan bus jurusan Bobotsari agar tidak transit di terminal Purwokerto

Baca Juga :  Yang Harus Dilakukan Saat Tersesat Di Gunung

Kali ini saya melakukan pendakian dari kebumen.Perjalanan dari kebumen menuju basecamp gunung slamet memakan waktu dari kurang lebih 3 jam perjalanan. Berangkat dari kebumen pukul 10 malam. Setelah sampai di Purbalingga kita mampir di Indomaret untuk membeli keperluan logistik,kita juga mampir ke pasar untuk membeli tempe dan juga sayur-sayuran. Sekitar pukul 2 lebih kita sampai Bc via Bambangan. Setelah sampai basecamp kita langsung istirahat, Suhu di basecamp saat itu 13Β° lumayan dingin jadi tidurnya pules hehe.

Saya bangun pukul 8 pagi, ternyata teman-teman saya sudah duluan sarapan, langsung deh saya untuk makan tidak lupa juga dengan teh hangatnya.

Setelah kita makan, lalu kita packing ulang barang bawaan kita. Pukul 10 kita langsung berangkat menuju gerbang pendakian tidak lupa berdoa terlebih dahulu hehe.

Baca Juga :  Makalah Sejarah Indonesia tentang Kerajaan Mataram Islam
Gerbang Pendakian gunung Slamet

Dari gerbang pendakian menuju pos 1 tracknya lumayan landai dan menanjak sedikit – sedikit. Kita melewati ladang milik warga setempat dan juga sungai di jalur pendakian, saat saya kesana sungainya sedang surut, maklum musim kemarau hehe.

Sebelum sampai di Pos 1 kita melewati gardu pandang, sungai, pos 1 bayangan lalu pos 1 Pondok Gembirung. Estimasi pendakian sekitar 60 – 120 menit untuk naik dan untuk turun sekitar 30 – 60 menit.

Sampai di Pos 1 kita istirahat 45 menit untuk sekedar minum dan makan cemilan yang dibawa hehe. Kita melanjutkan perjalanan sehabis adzan sekitar jam setengah 1.

Pos 1 Pondok Gembirung

Dari Pos 1 menuju Pos 3 ini iman kita diuji wkwk. Karena tracknya nanjak terus dan jarang sekali landai. Saat di pertengahan antara pos 1 dan pos 2 teman kami si Azzam kram kakinya, jalannya kek orang sunat jirr wkwk. Gatega ngeliatnya gw bawain kerirnya aja lah sapatau bisa mengurangi beban hidupnya haha.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Air Dalam Situasi Mendesak Saat Mendaki

Kita berhenti di warung yang berada di antara pos 1 dan pos 2, tidak lupa membeli semangka dan mendoannya. Harganya juga cukup terjangkau 2000 untuk mendoan dan 3000 untuk semangka. Pas kita mau melanjutkan perjalanan eh dikasih nanas 2 biji sama bapak – bapak warungnya (makasi ya pak, kapan – kapan mampir lagi hehe).

Sampai pos 2 kita berhenti sekitar 1 jam karena kramnya si Azzam tambah parah. Akhirnya kita makan – makan dulu di pos ini. Makan dengan menu andalan para pendaki yaitu indomie wkwk. Estimasi perjalanan dari Pos 1 Pondok Gembirung menuju Pos 2 Pondok walang sekitar 50 – 90 menit dan turun sekitar 40 – 60 menit.

Baca Juga :  Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo
Pos 2 Pondok Walang

Setelah agak reda dan bisa untuk jalan, kita lanjut lagi menuju pos 3. Perjalanan menuju pos 3 ini sekitar 45 – 90 menit.

Sampai di pos 3 kita istirahat sekitar 30 menit (sambil menunggu maghrib lewat). Di pos 3 Pondok Cemara kita bertemu dengan rombongan pendaki asal bekasi, mereka ngajak kita jalan bareng, tanpa pikir panjang langsung ditrima dong wkwk.

Pos 3 Pondok Walang

Headlamp semua sudah disiapkan, tidak lupa dengan berdoa sebelum perjalanan. Sehabis maghrib kita melanjutkan perjalanan menuju pos 4 Samarantu.

Sesampainya di pos 4 Samarantu, kita istirahat sekitar 10 menit. Estimasi perjalanan pos 3 Pondok Cemara menuju pos 4 samarantu sekitar 40 – 90 menitan.

Pos 4 Samarantu

Setelah berjalan sekitar 45 menit, sampailah kita di pos 5 hiya hiya, tim kami niatnya camp di pos 7 tapi karena ada kendala akhirnya kita camp di pos 5.

Baca Juga :  Cara Mengelola Sampah Saat Mendaki Gunung

Setelah tenda selesai, lalu kita masak – masak dan ngopi-ngopi, tidak lupa cerita tentang kehidupan yang fana ini hiya hiya wkwk. Setelah cape berghibah ria, kita istirahat untuk menyiapkan tenaga summit esok harinya.

Pos 5

Kita niat summit pukul setengah 5 pagi, eh karena alarmnya mati kita baru bangun jam setengah 6 wkwk. Kita masak dan siap-siap untuk berangkat summit.

Kita summit ber empat, karena si Azzam ini tidak mau ikut summit dan ingin di tenda aja, katanya masih ngantuk. Dasar mageran wkwk.

Kita berangkat summit pukul 7, sampai di pos 6 pukul 7.20 dan lanjut sampai pos 7 pukul 08.00. Saya dan teman saya anggit pisah dengan Sulton san galih di pos 6 karena mereka istirahat terlebih dahulu.

Baca Juga :  Gunung – Gunung yang Berada di Sumatera Barat
Pos 6

Sesampainya di pos 7 kita istirahat sekitar 15 menit sambil menunggu dua orang teman saya ini. Pukul 08.15 kami langsung berangkat lagi menuju pos 8.

Pos 7

Sampai di pos 8 pukul 08.30, kita lanjut menuju ke pos 9 dengan waktu 30 menit. Dijalan kita tidak lupa mengambil foto untuk kenang – kenangan hehe.

Pos 8

Sesampainya kita di pos 9, kita istirahat sekitar 15 menit dan melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung Slamet. Treknya mantab lah pokonya hehe.

Pos 9

Di tengah perjalanan kita berpisah kembali, saya dan anggit sampai puncak sekitar pukul setengah 11. Dan Galih sampai puncak pukul 11. Dan si sulton ini berhenti di tengah – tengah track dan tidak sampai puncak.

Baca Juga :  Gunung - Gunung yang Berada di Papua
Trrk menuju puncak yang dipenuhi bebatuan dan pasir

Tidak lupa kita menuju kawah gunung Slamet, setelah berfoto ria di puncak. Lalu kita turun dari puncak sekitar pukul setengah 12 dan sampai di pos 5 sekitar pukul 2.

Kawah gunung Slamet

Setelah sampai pos 5, kita makan terlebih dahulu dan packing kembali untuk turun ke Bc gunung Slamet. Kita berangkat pukul 4 sore dan sampai di Bc pukul sekitar setengah 9.

Sampai basecamp kita tidak lupa menyetor sampah dan membersihkan diri. Setelah itu kita lanjut pulang ke Kebumen.

Ya sekian perjalanan saya ke Atap Jawa Tengah yaitu Gunung Slamet, semoga dapat memberikan informasi untuk teman – teman yang ingin mendaki Gunung ini :D.  Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog saya, Salam lestari!

Baca Juga :  Barang Yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Bonus foto – foto di gunung Slamet.

Selamat menikmati dan semoga suka 😁